facebook page resmi kagama farmasi ugm Twitter Kagama Farmasi UGM

Home » Berita » Penandatanganan Kerjasama Fakultas Farmasi UGM dengan BATAN

Kamis, 03 Juli 2014 - 13:29:19

Penandatanganan Kerjasama Fakultas Farmasi UGM dengan BATAN

Diposting oleh : Administrator Web - Dibaca: 1177 kali

Penandatanganan Kerjasama Penelitian Fakultas Farmasi UGM – BATAN Penelitian pengembangan obat saat ini mulai diarahkan untuk terapi tertarget molekuler (Molecular Targeted Therapy). Salah satu penyakit mematikan yang dapat diterapi menggunakan suatu senyawa dengan target molekuler adalah kanker. Terapi tertarget molekuler merupakan terapi melalui penghambatan pertumbuhan sel kanker dengan mengganggu target molekul spesifik yang berperan dalam pertumbuhan sel kanker. Boron Neutron Capture Therapy (BNCT) merupakan teknologi baru yang mulai banyak dikembangkan oleh peneliti terapi kanker kanker yang bertarget molekuler. Teknologi ini membutuhkan suatu senyawa yang mengikat boron dan alat penembak neutron (Compact Neutron Generator) yang akan dapat meningkatkan kemampuan senyawa untuk menghambat pertumbuhan kanker.

 

Fakultas Farmasi UGM dan BATAN bekerjasama untuk menginisiasi penelitian untuk mengembangkan teknologi BNCT menggunakan Compact Neutron Generator (CNG). Fakultas farmasi UGM akan mensintesis senyawa kurkumin yang mengikat boron serta pengujian senyawa secara in vitro, sementara pihak BATAN akan menyiapkan CNG untuk mengaplikasikan BNCT.

 

Untuk mengawali kerjasama pengembangan BNCT dengan CNG antara Fakultas Farmasi UGM dan BATAN, dilakukan penandatangan kerjasama antara kedua belah pihak pada hari Kamis, 30 Januari 2014. Pihak Fakultas Farmasi UGM diwakili oleh Prof. Dr. Subagus Wahyuono, Apt. selaku dekan, sedangkan pihak BATAN diwakili oleh Dr. Susilo Widodo selaku ketua BATAN. Penelitian ini juga akan melibatkan berbagai pihak yang dapat mendukung pengembangan BNCT dengan CNG untuk dapat diaplikasikan kepada pasien kanker. Pihak lain yang terlibat dalam kerjasama ini antara lain Jurusan kesehatan dan MIPA dari berbagai perguruan tinggi diIndonesia, Balitbangkes, RSUP Sardjito, PT Kimia Farma, Kemristek. Oleh karena itu, setelah seremonial penandatanganan kerjasama antara fakultas Farmasi UGM dan BATAN dilakukan Forum Group Discussion (FGD) untuk membahas strategi penelitian berdasarkan sudut pandang dari berbagai ilmu. Kerjasama ini diharapkan dapat menghasilkan sebuah produk berbasis teknologi yang dapat diaplikasikan pada masyarakat.

Lustrum 2016

Alumni Member

Tentang Kagama Farmasi

Video Terbaru

Web Links

Statistik Web

1529062

Pengunjung hari ini : 327
Total pengunjung : 100307
Hits hari ini : 5699
Total Hits : 1529062