facebook page resmi kagama farmasi ugm Twitter Kagama Farmasi UGM

Home » Berita » PHARMADAYS 2013

Kamis, 03 Juli 2014 - 13:21:23

PHARMADAYS 2013

Diposting oleh : Administrator Web - Dibaca: 1090 kali

Universitas Gadjah Mada kembali memenangkan kompetisi konseling dan cerdas cermat kefarmasian untuk kedua kalinya yang diadakan oleh PIOGAMA (Pusat Informasi Obat Gadjah Mada). Kompetisi tersebut merupakan rangkaian dari acara tahunan PIOGAMA yang tahun ini dilaksanakan bersama dengan kegiatan seminar dan kompetisi kefarmasian tingkat SMA/MK/sederajat.

 

Pada tahun ini, nama yang dipilih adalah Pharmadays dan rangkaian acara berlangsung selama 2 hari, Sabtu-Minggu, 16-17 November 2013. Pemilihan tema pada seminar yaitu “Optimalisasi Peran Apoteker Terhadap Produk Kosmetik di Indonesia: Produksi, Distribusi, Regulasi, dan Pengawasan”, karena melihat trend penggunaan kosmetik oleh masyarakat yang semakin meningkat.

 

Seminar menghadirkan Bapak Drs. T. Badar Johan H., M. Pharm., Apt. Deputi II Badan POM Pusat Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Kosmetik dan Produk Komplemen, sebagai keynote speaker, beliau menyampaikan materi mengenai produk kosmetik dan tantangannya bagi apoteker saat ini. Pembicara kedua yaitu Fransiska Devi Junardy, M.App.Sc., Applied Research Manager PT. Martina Berto, Tbk., yang menyampaikan materi mengenai pengembangan dan distribusi kosmetik serta Drs. Abdul Rahim, M.Si., Apt. Kepala Balai POM Yogyakarta, sebagai narasumber yang memberikan informasi mengenai regulasi dan pengawasan kosmetik. Seminar berjalan sukses dengan diikuti lebih dari 300 peserta yang berasal dari berbagai universitas, apotek, IAI, rumah sakit, klinik kecantikan maupun perusahaan farmasi.

 

Kompetisi kefarmasian pharmadays memperebutkan thropy sultan Hamengku Buwono IX dan total uang pembinaan Rp 8.000.000,00 untuk tingkat mahasiswa, serta thropy rektor UGM dan total uang pembinaan Rp 6.500.000,00 untuk tingkat SMA/MK/sederajat. Lomba tingkat mahasiswa diikuti 30 peserta dari 11 universitas, sedangkan lomba tingkat SMA/MK/sederajat diikuti oleh 11 sekolah.

 

Kompetisi kefarmasian tingkat mahasiswa memiliki keunikan dibanding lomba serupa lainnya, kompetisi ini menggabungkan lomba cerdas cermat dan juga konseling dengan 3 kondisi berbeda (penyampaian informasi kepada dokter, pemilihan obat bebas dan pelayanan resep). Soal yang dikeluarkan juga merupakan soal pilihan dari dosen-dosen berbagai Universitas dalam dan luar DIY. Pada tingkat SMA/MK/sederajat konten kompetisi seputar ilmu pengetahuan alam dan ilmu kefarmasian, sehingga diharapkan kompetisi ini dapat meningkatkan keinginan pelajar untuk melanjutkan studi di fakultas farmasi UGM.

 

Kompetisi tingkat SMA/SMK/sederajat dimenangkan oleh SMA N 3 Yogyakarta sebagai juara pertama, SMF “Indonesia” Yogyakarta sebagai juara kedua dan SMAN Cahaya Madani Banten Boarding School sebagai juara ketiga. Thropy rektor UGM serta uang pembinaan diserahkan oleh Ketua PIOGAMA Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt. Kompetisi kefarmasian tingkat mahasiswa dijuarai oleh Universitas Gadjah Mada sebagai juara pertama, Universitas Indonesia sebagai juara kedua, dan Institut Teknologi Bandung sebagai juara ketiga. Thropy Sultan Hamengku Buwono IX dan uang pembinaan diserahkan oleh Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian pada Masyarakat, Kerjasama, dan Alumni Fakultas Farmasi UGM, Prof. Dr. Agung Endro Nugroho, M.Si., Apt. Beliau menutup rangkaian acara tersebut sembari memberikan pesan terhadap semua peserta agar dapat terus mengasah kemampuan di bidang keilmuannya sehingga bisa mengaplikasikannya pada masyarakat, karena apoteker nantinya merupakan salah satu sumber informasi kesehatan di masyarakat. Acara ditutup dengan foto bersama para pemenang didampingi oleh Wakil Dekan II Fakultas Farmasi UGM, ketua PIOGAMA, serta ketua panitia. (Peni PIOGAMA)

Lustrum 2016

Alumni Member

Tentang Kagama Farmasi

Video Terbaru

Web Links

Statistik Web

625683

Pengunjung hari ini : 478
Total pengunjung : 74931
Hits hari ini : 16745
Total Hits : 625683