facebook page resmi kagama farmasi ugm Twitter Kagama Farmasi UGM

Home » Berita » Fakultas Farmasi UGM jalin kerjasama penelitian dengan IPASA Universiti Teknologi Malaysia

Kamis, 03 Juli 2014 - 13:17:23

Fakultas Farmasi UGM jalin kerjasama penelitian dengan IPASA Universiti Teknologi Malaysia

Diposting oleh : Administrator Web - Dibaca: 863 kali

Untuk memperkuat penelitian di bidang farmasi lingkungan, Fakultas Farmasi UGM menjalin kerjasama dengan and Institute of Environment and Water Resources Management (IPASA) Universiti Teknologi Malaysia (UTM). Kerjasama tersebut dimulai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding antara kedua institusi tersebut pada hari Rabu tanggal 2 Oktober 2013 di ruang sidang atas Fakultas Farmasi UGM. Delegasi dari Malaysia diantaranya adalah Prof Dr Abdull Rahim (Direktur) dan Dr Tony Hadibarata.

 

Dalam sambutannya, Prof Dr Abdull Rahim menyampaikan bahwa IPASA bermaksud menjalin hubungan erat dengan Fakultas Farmasi UGM, dan secara umum hubungan antara UTM dengan UGM. Beberapa penelitian terkini di IPASA melibatkan aspek mikrobiologi, kimia analisis dan farmakologi sehingga kerjasama ini diharapkan memperkuat penelitian kedua institusi. Beliau juga memperkenalkan kampus UTM di Malaysia. UTM merupakan universitas teknologi yang tertua di Malaysia, berdiri pada tahun 1904. Pada tahun 1972 bernama Institut Teknologi Kebangsaan, dan berganti nama menjadi Universiti Teknologi Malaysia pada tahun 1975. Saat ini, UTM mempunyai 22 ribu mahasiswa dan 1.500 dosen dan peneliti. Lebih dari 50% mahasiswa UTM adalah postgraduate, 50%-nya adalah dari luar negeri antara lain dari Iran, Indonesia, China. Mahasiswa PhD berkisar 3.500 orang.

 

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Farmasi UGM Prof Dr Subagus Wahyuono menyampaikan bahwa kerjasama antara UTM dan UGM ini merupakan kerjasama yang sangat diperlukan terutama untuk meningkatkan kultur penelitian dan publikasi di Fakultas Farmasi UGM. Manifestasi kerjasama ini bisa dimulai dari pengembangan kerjasama penelitian dan program postgraduate. Beliau berharap, dalam waktu dekat Fakultas Farmasi UGM membentuk tim yang bertugas untuk membuat proposal kerjasama penelitian dengan IPASA UTM.

 



“Manifestasi paling dekat dari kerjasama ini adalah pembuatan proposal bersama antara Fakultas Farmasi UGM, IPASA UTM dan Osaka University untuk program AUN/SEED-net, “ ujar delegasi UTM Dr Tony Hadibarata. AUN/SEED-net merupakan program penelitian kolaboratif terhadap isu-isu regional utama, yang memerlukan solusi dan membawa benefit bagi masyarakat. Program tersebut juga ditujukan memperkuat kolaborasi akademik dan penelitian antara negara-negara ASEAN dan Jepang.

 

Dari Fakultas Farmasi UGM turut hadir dalam acara tersebut adalah Prof Dr Wahyono, Prof Dr Suwaldi, Dr Nanang Fakrudin, Dr Hilda Ismail, Prof Dr Agung Endro Nugroho, Dr Abdul Rohman, Dr Endang Lukitaningsih, Dr Rumiyati, Dr Erna Prawita, Dr Silvy dan Bambang Sunarto SH. Galeri album selengkapnya silakan akses disini. (Humas Fakultas Farmasi UGM)

Lustrum 2016

Alumni Member

Tentang Kagama Farmasi

Video Terbaru

Web Links

Statistik Web

1528938

Pengunjung hari ini : 324
Total pengunjung : 100304
Hits hari ini : 5575
Total Hits : 1528938