facebook page resmi kagama farmasi ugm Twitter Kagama Farmasi UGM

Home » Berita » Fakultas Farmasi UGM kukuhkan kerjasama dengan PT Phapros Tbk Semarang

Kamis, 03 Juli 2014 - 13:11:15

Fakultas Farmasi UGM kukuhkan kerjasama dengan PT Phapros Tbk Semarang

Diposting oleh : Administrator Web - Dibaca: 894 kali

Untuk meningkatkan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Fakultas Farmasi UGM menjalin kerjasama dengan PT Phapros Tbk Semarang. Drs Iswanto, MM, Apt menyampaikan bahwa antara kedua belah pihak sebenarnya telah lama menjalin hubungan kerjasama, namun perlu adanya bentuk formalnya. Bahkan, beberapa produk yang sekarang dikembangkan oleh PT Phapros misalnya Tensigard merupakan bentuk kerjasama dalam bidang penelitian pada tahun 2000an. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa PT Phapros merupakan industri yang juga berperan dalam bidang pendidikan juga, sehingga akan selalu memberikan ruang dan waktu untuk memajukan pendidikan kefarmasian. Arah pengembangan bagi industri farmasi sekarang ini adalah optimalisasi eksipien, drug delivery system, sustain release, nanotechnology, produk herbal. Beliau menyampaikan bahwa apabila ada hasil penelitian yang potensial bisa dikembangkan lebih lanjut komersialnya. Setelah adanya perjanjian kerjasama ini, beliau berharap muncul pola-pola kerjasama antara kedua belah pihak. Beliau juga berharap ada tranfer knowledge antar kedua belah pihak dalam mengembangan dunia pendidikan kefarmasian.

 

Prof. Dr. Subagus Wahyuono, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa kerjasama antara kedua belah pihak ini merupakan momen yang sangat penting. Indonesia mempunyai keanekaragaman terbesar kedua di dunia seharusnya bisa memenuhi kebutuhan bahan baku obat, dan ini tantangan yang dihadapi kita bersama baik Perguruan Tinggi dan Mitra Industri.

 


Foto bersama dengan delegasi PT Phapros Semarang
Dari kiri ke kanan : Dr. Ronny Martien, Dr. Saifullah, Prof. Agung Endro Nugroho, Prof. Subagus Wahyuono, Drs. Iswanto, MM, Apt, Prof. Suwaldi, Dra Barokah Sri Utami, MM, Apt,  Dra Ninung Murtini dan Prof. Zullies Ikawati
 

Implementasi kerjasama kedua belah pihak ditujukan untuk mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dalam bidang pendidikan, selain kegiatan magang mahasiswa profesi apoteker, akan dilaksanakan kuliah tamu atau transfer knowledge dari kedua belah pihak. Dari bidang penelitian, skema kerjasama kolaboratif (perguruan tinggi, mitra industri dan pemerintah) dan pelayanan pengujian akan menjadi prioritas. Untuk pelayanan pengujian, Fakultas Farmasi UGM salah satunya telah mempersiapkan unit pengujian Bioavailabilitas dan Bioekivalensi yang pada bulan September 2013 akan melakukan asesmen oleh KAN (ISO 17025). Dalam bidang pengabdian masyarakat, salah satu implementasinya adalah kegiatan pengabdian masyarakat kolaboratif antara kedua belah pihak di bidang kesehatan.

 

Turut hadir dalam acara penandatanganan MoU antara Fakultas Farmasi UGM dengan PT Phapros Tbk adalah Prof. Dr. Agung Endro Nugroho (Wakil Dekan bidang Penelitian, Pengabdian Masyarakat, Kerjasama dan Alumni), Prof. Dr. Zullies (Peneliti Unit BA/BE), Prof. Dr. Suwaldi (Kepala Bagian Farmasetika), Dr. Ronny Martien (Peneliti Nanoteknologi), Dr. TN Saifullah (Peneliti Teknologi Farmasi) dan Suparno, S.Kom (Humas & IT). Delegasi dari PT Phapros adalah Dra Ninung Murtini, Apt dan Dra Barokah Sri Utami, MM, Apt (Direktur Produksi). Galeri foto selengkapnya silakan akses disini . (Humas Fakultas Farmasi UGM)

Lustrum 2016

Alumni Member

Tentang Kagama Farmasi

Video Terbaru

Web Links

Statistik Web

625534

Pengunjung hari ini : 477
Total pengunjung : 74930
Hits hari ini : 16596
Total Hits : 625534