facebook page resmi kagama farmasi ugm Twitter Kagama Farmasi UGM

Home » Berita » The 21st Advanced Course in Pharmaceutical Sciences (ACPS)

Kamis, 03 Juli 2014 - 13:10:10

The 21st Advanced Course in Pharmaceutical Sciences (ACPS)

Diposting oleh : Administrator Web - Dibaca: 679 kali

Komiten Fakultas Farmasi UGM untuk memberikan informasi terbaru di berbagai bidang ilmu farmasi telah dibuktikan dengan suksesnya pelaksanaan The 21st Advanced Course in Pharmaceutical Sciences (ACPS). Short course yang berlangsung dari tanggal 20-22 Juni 2013 ini mengusung tema “Pharmacy and Society: Pharmaceutical Development toward Sustainable and Healthy Society”. Sebagai pembicara pertama adalah Sibo de Jong yang merupakan Vice Presiden RnD dari Astellas Pharmaceucals BV, Netherland. Sibo menguraikan drug development stage di Department RnD perusahaan multinasional menekankan bahwa mereka bukan merupakan dinosaurus yang tertidur. Seperti yang kita ketahui, nilai investasi riset perusahaan farmasi untuk penemuan obat baru semakin besar namun jumlah obat baru yang disapprove FDA semakin minim. Menurut Sibo, minimnya jumlah obat baru tersebut bukan disebabkan oleh lesunya bisnis farmasi global melainkan akibat investasi perusahaan farmasi yang membutuhkan waktu 12-15 tahun untuk menghasilkan obat baru. Hasil investasi tahun 2013 baru dapat diketahui nanti pada tahun 2015-2030 sehingga hasilnya tidak dapat diprediksi apakah jumlah obat baru akan lebih banyak ataupun justru menurun oleh semakin ketatnya regulasi approval obat baru.

 


Liza Meijer memandu diskusi short course
 

Liza Meijer mengangkat sustainable and health society pada hari kedua dan ketiga short course. Liza yang merupakan Direktur Urban Resource Management, The Hague Netherland memaparkan faktor faktor mikro dan makroekonomi yang mempengaruhi perubahan kebijakan kesehatan dan perumahan di Belanda. Dari penjelasan Liza, perbaikan kualitas penemuan obat menimbulkan peningkatan usia harapan hidup. Hal inilah yang menjadi permasalahkan di Belanda akibat berbagai kesulitan dalam merawat lansia yang jumlahnya semakin meningkat dengan segala kompleksitasnya. Di sisi lain, peluang bisnis farmasi terus meningkat dengan meningkatnya usia harapan hidup yaitu pengembangan obat obat degeneratif dan syaraf seperti demensia dan Alzheimer. Liza menekankan perlunya peran pemerintah dalam menyediaan perumahaan khusus bagi orang lanjut usia yang mempertimbangkan kebutuhan kebutuhan khusus lansia.

 

Short course ini merupakan tradisi tahunan wujud kerjasama antara Fakultas Farmasi UGM dengan Department of Pharmacochemistry, Vrije University, Netherland. Di era 80’an, ACPS bernama Mid Career Trainining in Pharmacochemistry. Praktisi dari berbagai industri farmasi dan rumah sakit serta mahasiswa pascasarjana pada ACPS kali ini berpartisipasi aktif dalam berbagai diskusi dalam short course ini. Fakultas memberikan undangan bebas biaya registrasi bagi industri farmasi dan rumah sakit yang menjadi tempat Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA) sebagai upaya mempererat kerjasama fakultas dengan industri farmasi dan rumah sakit. Album ACPS selengkapnya silakan akses disini (Humas Fakultas Farmasi UGM)

Lustrum 2016

Alumni Member

Tentang Kagama Farmasi

Video Terbaru

Web Links

Statistik Web

625543

Pengunjung hari ini : 477
Total pengunjung : 74930
Hits hari ini : 16605
Total Hits : 625543